TUGAS
SIM
ARTIKEL SOSIO-TEKNOLOGI
ARTIKEL SOSIO-TEKNOLOGI
NAMA :
PRINCESSCA CHRISTINA TIRUKAN
N.P.M : 1B
214879
MANAJEMEN – S1
PENDAHULUAN
Sosio teknologi informasi
merupakan suatu bidang kajian dalam melihat pengaruh perkembangan teknologi
informasi dalam kehidupan sosial.Di zaman postmodernisme saat ini orang
orang sudah mulai meninggalkan Aristotelain dalam disiplin ilmu ,suatu misal
sekarang sudah menerapkan kajiann kompleksitas dan teori pattern language dalam
arsitektur . Artikel ini membahas tentang pengertian STI secara luas,beserta
sejarah STI serta Perkembangann STI di masa sekarang ini.
DEFENISI
KOMPUTER
Istilah
komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah
komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung
(to compute atau to reckon).
Menurut
Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan
beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi
yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta
menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan
menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi
data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara
otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan
output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang
komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang
dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu
program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil
pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari
definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan
data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer
dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data
processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu
kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau
gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu
diolah lebih lanjut.
Pengolahan
data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih
berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian,
informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan
bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data
elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih
bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu
komputer.
PENGERTIAN SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI (STI)
Sosio-teknologi” adalah
bidang kajian baru yang berusaha melihat pengaruh evolusi teknologi dalam
kehidupan sosial. Bersamaan dengan lahirnya postmodernisme, orang mulai
meninggalkan pembagian Aristotelian dalam disiplin ilmu, contohnya dengan
lahirnya kajian kompleksitas, teori pattern language dalam arsitektur dan
lain-lainnya.Pengertian dari sosioteknologi informasi itu sendiri, yaitu berupa
relasi atau hubungan antara kehidupan sosial dengan teknologi .kita dapat
mengetahui penerapan penerapan teknologi pada kehidupan yang sebenarnya .
SEJARAH SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI
“Sosio-teknologi”
kira-kira lahir dalam lingkungan semangat demikian, di samping bahwa ada
keprihatinan langsung atas ‘liarnya’ perkembangan teknologi yang sering
menimbulkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan moralitas dan
kehidupan sosial Sosio-teknologi memiliki relevansi khusus di negaranegara berkembang
seperti Indonesia dan banyak negara lainnya.
Sosioteknologi
adalah keilmuan yang merupakan relasi daripada keilmuan sosial (social
sciences) dengan teknologi (engineering) Teknologi dilihat dari berbagai
perpektif, namun intinya adalah berusaha kritis terhadap keberadaan teknologi
yang biasanya dipandang deterministikpositivistik, khususnya di negara-negara
yang “sepertinya” menjadi konsumen abadi dari teknologi seperti
Indonesia. Dalam keilmuan ini, teknologi dipandang sebagai sebuah produk
budaya yang tidak netral, tidak bebas nilai.
Teknologi
merupakan ungkapan suatu kebudayaan tertentu dimana teknologi itu lahir. Di
dalam produk teknologi itu embedded nilai-nilai, budaya, mistis, moralitas,
hingga kepada pola kerja, pola perilaku maupun pola produksi. Maka dari
itu, dalam transfer teknologi, pilihanpilihan teknologi yang dilakukan harus
mempertimbangkan sangat banyak faktor, terutama dampak-dampak dari keberadaa
barang asing tersebut di lingkungan barunya.• Sebuah film yang sangat baik
mengilustrasikan tentang ranah garapan keilmuan ini adalah film “God Must Be
Crazy”.
KAPASITAS
sebagai pola pikir membangun sistem yang bertolak dari komponen organisasi,
komponen sosial, komponen sistem informasi dan komponen teknologi sehingga
membangun organisasi yang disebut juga sistem sosioteknologi. Bertitik
tolak dari pemikiran sosio-teknologi, maka melahirkan suatu model menerapkan
kerangka berpikir KAPASITAS dalam melaksanakan perubahan yang berencana dan
berkesinambungan.
PERKEMBANGAN SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer
peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik
rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan
cepat dan tepat.
Sistem Informasi Manajemen (Management Information System –
MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan
yang bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar,
menengah, atau perusahaan kecil. SIM dapat diterapkan pada semua tingkat atau
level manajemen yang ada yaitu manajemen tingkat atas (top management),
manajemen tingkat menengah (middle management), dan manajemen tingkat bawah
(lower management).
Di perusahaan dagang seperti department store, telah
dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali
komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya
dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang
dagangan, menghitung laba rugi, inventaris, dan sebagainya.
Di bidang perbankan, salah satu solusi sistem informasi
perbankan telah diperkenalkan oleh perusahaan besar seperti Hewlett-Packard
(HP), yang bekerja sama dengan Infosys telah memperkenalkan solusi core banking,
yang disebut Finacle kepada bank-bank di Indonesia. Finacle memberikan solusi
bagi bank yang ingin melakukan up-grade terhadap sistem yang telah mereka
miliki. Dengan menggunakan Finacle, up-grade sistem bisa dilaksanakan dengan
resiko investasi maupun kegagalan migrasi yang rendah. Ini penting bagi
bank-bank agar mampu menghadapi siklus bisnis yang selalu berubah. Dengan
solusi terpadu ini – berupa software dan hardware, jaringan, sistem integrasi,
serta opsi consulting dan outsourcing – bank juga akan memiliki nilai tambah
sehingga menjadi lebih kompetitif.
Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan
dan strategi dunia usaha perbankan yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan
persaingan di bidang layanan terutama jasa layanan pembayaran melalui bank.
Inovasi jasa layanan perbankan yang berbasis teknologi tersebut terus
berkembang mengikuti pola kebutuhan nasabah bank. Transaksi perbankan berbasis
elektronik, termasuk internet dan menggunakan handphone merupakan bentuk
perkembangan penyedia jasa layanan bank yang memberikan peluang usaha baru bagi
bank yang kerakibat pada perubahan strategi usaha perbankan, dari yang berbasis
manusia (tradisional) menjadi berbasis teknologi informasi yang lebih efisien
dan praktis bagi bank. Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer
digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan
sebagianya.
Komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan
analisis keuangan, neraca, laba-rugi, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa
software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Di bidang
perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang
telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini pada penjualan pertokoan kecil,
usaha kecil dan menengah (UKM), apotek dan bermacam-macam usaha kecil lainnya
juga telah banyak menggunakan komputer.
PERKEMBANGAN KOMPUTER (sejarah)
Generasi Pertama
Komputer
generasi pertama masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaanya.
Komputer generasi pertama belum dapat memperoses masalah-masalah yang rumit.
Ukuran komputer generasi pertama sangat besar dan prosesnya pun masih lambat.
Komputer generasi pertama
menggunakan tabung vakum (vacuum tube) untuk memproses dan menyimpan
data. Tabung vakum berukuran seperti lampu kecil. Tabung vakum cepat panas dan
mudah terbakar. Ribuan tabung vakum diperlukan untuk mengoperasikan komputer
generasi pertama. Komputer generasi pertama murni berupa peralatan elektronik
yang berfungsi untuk membantu ilmuwan menyelesaikan masalah perhitungan
matematika secara cepat dan tepat. Ukurannya yang besar mirip komputer induk
atau komputer utama.
Contoh: komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic
Numerical Integrator And Calculator) yang dibuat oleh Dr John Mauchly dan
Presper Eckert tahun 1946.
Generasi Kedua
Komputer
generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung
vakum, walaupun keduanya juga mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua,
diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara
magnetik. Penyimpanan secara magnetik menggunakan besi-besi lunak yang dililit
oleh kawat. Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibandingkan
generasi pertama. Awalnya, komputer generasi kedua menggunakan bahasa program
tingkat tinggi, seperti FORTRAN (1954) dan COBOL (1959). Kedua bahasa program
itu menggantikan bahasa mesin (low level language). Pada generasi ini,
ukuran komputer lebih kecil. Komputer generasi ini digunakan untuk proses data
di bidang perniagaan, universitas, dan militer.
Generasi Ketiga
Komputer
generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam satu
tempat. tampilan dari komputer juga disempurnakan. Selain itu, pada komputer
generasi ketiga penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar
(eksternal). Penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi
sebelumnya. Ukuran fisiknya menjadi lebih kecil sehingga lebih menghemat ruang.
Komputer generasi ketiga juga mulai menggunakan komponen IC atau disebut chip.
Komputer jenis ini dapat digunakan untuk multiprogram.
Generasi Keempat
Komputer
generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan
penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat
beratus ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini
dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar. Pengolahan data dapat
dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan
komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer
generasi ini sering disebut komputer mikro.
Contohnya: PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini
yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame.
Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386,
80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core
to Duo, Quad Core, Core i3, i5, i7, Ivy bridge (buatan Intel), dan ada juga AMD
K6, Athlon dsb. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut
komputer super.
Generasi Kelima
Komputer
generasi kelima memang belum terwujud karena komputer generasi ini merupakan
komputer impian masa depan. Pembuatan bentuk komputer generasi kelima tentunya
akan lebih kompleks. Komputer generasi kelima ini diperkirakan mempunyai lebih
banyak unit pengolahan yang bekerja secara serentak untuk menyelesaikan lebih
dari satu masalah dalam waktu bersamaan. Komputer generasi ini juga mempunyai
memori yang besar. Komputer impian ini diperkirakan akan mempunyai kepandaian
tersendiri atau dapat membuat keputusan sendiri. Sifat luar biasa komputer ini
disebut sebagai kecerdasan buatan.
Manfaat
Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari :
1.Mempermudah Pengetikan: Dulu orang-orang menggunakan mesin tik
untuk menulis, maka setiap kali orang itu salah ketik, kertas akan langsung
disobek dan kembali mengetik ulang. Dan lagi dokumennya tidak dapat di edit,
sementara jika kita menggunakan komputer, kita bisa delete kesalahan dan
mengedit dokumen tersebut.
2. Sarana Hiburan : Dengan adanya komputer, kita tidak hanya melakukan
refreshing dengan menonton TV, mendengarkan radio, atau sekedar membaca Koran
dan majalah. Melainkan, kita dapat menghibur diri dengan fasilitas yang
terdapat pada komputer seperti : Bermain Video Games Offline ataupun Online,
Chatting atau Webcam dengan teman.
3. Alat Pendidikan : Mayoritas
sebuah pendidikan di dapatkan dari buku. Beberapa juga bisa memanfaatkan
televisi, radio maupun media cetak lain. Tapi, berkat teknologi yang makin
berkembang, komputer pun kini bisa dijadikan sebagai sarana pendidikan. Dengan
menggunakan program tertentu maupun internet. Baik murid maupun guru sering
kali mengambil materi dari internet itu sendiri.
4. Sarana Informasi : Dengan
adanya komputer (yang terhubung internet) kita bisa mencari banyak informasi.
Mulai berita terbaru, travel, produk terbaru, perdangan maupun politik.
5. Sarana Usaha
: Selain sebagai sarana informasi, pendidikan dan digunakan untuk mempermudah
suatu pekerjaan, komputer juga bisa di manfaatkan untuk usaha seperti warnet,
usaha design arsitektur, usaha video editing maupun percetakan dan sablon.
6. Pemanfaatan Pada Bidang Kesehatan : Di zaman yang serba canggih ini, pada bidang kesehatan pun
sudah mulai memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan efesiensi dan
efektivitas. Diantaranya adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang
mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG (Ultra Sonografi).
7. Pemanfaatan Pada Bidang Keamanan : Bidang pertahanan dan keamanan juga masuk dalam
salah satu manfaat komputer di berbagai bidang. Dengan adanya komputer, setiap
negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan luar. Peralatan
canggih yang ada untuk bertahan dan menyerang juga di kendalikan komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar